Pembahasan UN Matematika Peluang Kejadian Pada Pelemparan Dadu

Posted by Admin on Friday, July 7, 2017 - July 07, 2017

Matematika Junior - Peluang Kejadian Pada Pelemparan Dadu. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi matematika tentang peluang. Menentukan peluang kejadian munculnya mata dadu tertentu pada percobaan pelemparan sebuah dadu. Bagaimana cara menentukan peluang munculnya mata dadu? Berikut salah satu soal ujian nasional tentang peluang yang pernah keluar tahun 2012. Pada soal berikut, murid diminta untuk menentukan besar peluang munculnya mata dadu lebih dari empat pada pelemparan sebuah dadu.

(UN Matematika 2012)
Jika sebuah dadu dilambungkan satu kali, maka peluang munculnya mata dadu lebih dari empat adalah ....
A. 1/6
B. 1/4
C. 1/3
D. 2/3

Pembahasan :
Pada pelemparan sebuah dadu, maka yang menjadi ruang sampelnya adalah mata dadu itu sendiri. Seperti yang kita tahu, dadu terdiri dari enam mata dadu yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Karena terdiri dari enam mata dadu, maka banyak ruang sampelnya adalah 6.

Ketika sebuah dadu dilempar, maka kejadian yang mungkin muncul dalam percobaan tersebut adalah kejadian muncul mata 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Dalam pelemparan sebuah dadu sebanyak sekali, setiap mata dadu memiliki peluang yang sama untuk muncul yaitu sebesar 1/6.

Rumus Peluang Pada Pelemparan Dadu

Peluang kejadian adalah suatu bilangan yang menyatakan besar kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Peluang suatu kejadian merupakan hasil bagi antara banyaknya kejadian dengan banyaknya ruang sampel pada percobaan. Secara matematis ditulis sebagai berikut:
P(K) = n(K)
n(S)

Dengan K adalah suatu kejadian yang masih termasuk bagian dari ruang sampel, S adalah ruang sampel, P(K) adalah peluang kejadian K, n(K) adalah banyak kejadian K, dan n(S) adalah banya ruang sampel.

Perhitungan :
Sebuah dadu dilambungkan satu kali, maka peluang munculnya mata dadu lebih dari empat dapat ditentukan dengan menghitung banyak ruang sampel (banyak mata dadu), dan banyak kejadian.

Ruang sampel pelemparan sebuah dadu :
⇒ S = mata dadu
⇒ S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
⇒ n(S) = 6

Banyak kejadian mata dadu lebih besar dari 4 :
⇒ K = mata dadu lebih besar dari 4
⇒ K = {5, 6}
⇒ n(K) = 2

Peluang kejadian K :
⇒ P(K) = n(K)/n(S)
⇒ P(K) = 2/6
⇒ P(K) = 1/3

Jadi, peluang munculnya mata dadu lebih besar dari 4 pada pelemparan sebuah dadu adalah 1/3.
Jawaban : C

Pilih Pembahasan

0 comments :

Post a Comment